Sabtu, 26 Januari 2013

Tingkatan dalam Taekwondo

Yang selanjutnya untuk kalian semua. Biasanya kalian tahu dalam beladiri ada yang dinamakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) yang diadakan dalam masa periode tertentu, misalnya per 4 bulan, atau per 6 bulan. Namun biasanya kalau sudah mendengar namanya Ujian, pasti yang ada dipikiran kalian kira-kira seperti ini :

  1. Wah pasti nanti di uji tekniknya
  2. nanti pasti dikerjain sama seniornya
  3. atau dimarah-marahin lalu dihukum sampe malu dan kecapean
  4. Push Up sampe ga kuat dan cuma kepalanya aja yang bergerak
  5. Merayap - merayap dilumpur sampe kotor tak berbentuk alias seperti Swamp Thing (Film Jadul)

 Tenang saja kawan-kawan, karena sebagian yang saya sebutkan diatas memang benar apa adanya, hanya saja tidak sembarangan, dan masih dalam batas dan ketentuan tertentu.

Kok Sadis banget sih Sabeum??
Memang seperti itu, namun ada prosedur dan batasan-batasannya, karena semua itu juga termasuk latihan untuk kalian. Kok bisa? Nah pertanyaan ini ada jawabannya.

Manfaat dan makna UKT :

  1. UKT diadakan untuk menguji semua yang sudah kalian pelajari agar dapat naik ke level berikutnya, kalau kalian sekolah juga gak mau tinggal kelas kan??
  2. UKT untuk menguji kalian, apakah sudah menguasai teknik sesuai level kalian dan siap untuk diberikan teknik di level yang lebih tinggi, yang biasanya teknik tersebut tingkat kesulitannya lebih tinggi.
  3. UKT untuk menguji kemandirian, dalam UKT ada yang namanya GASUKU, yang biasanya diadakan diluar kota dan menginap di tempat tertentu. Jauh dari kehidupan nyaman dan orang tua, disinilah kalian belajar untuk mandiri.
  4. UKT untuk menguji Mental dan Fisik, Meskipun saya tahu teknik-teknik kalian sudah ada yang hebat-hebat dan bagus, namun berbeda dengan kondisi mental dan fisik, karena mental dan fisik setiap orang berbeda-beda. Inilah yang menjadi salah satu faktor Utama dari UKT, dimana setiap pesertanya, tidak hanya mampu dalam hal tekhnik, tapi juga Mental dan Fisik, Karena seseorang yang memiliki Teknik yang bagus, belum tentu memiliki mental dan fisik yang kuat, namun jika kalian memiliki mental dan fisik yang kuat, maka secara tidak langsung akan mendukung kemampuan teknik kalian. Peningkatan Mental dan Fisik juga berpengaruh dalam sikap dan kedewasaan kalian, baik disadari ataupun tidak.
Baiklah, kini kalian sudah tahu perlunya diadakan UKT. Nah berikut ini tingkatan-tingkatan sabuk dalam Taekwondo serta makan dan arti warna sabuk tersebut.

Tingkatan Sabuk dalam Taekwondo
Warna Sabuk  Tingkatan/ geup
1.Putih  10/ X
2.Kuning Polos  9/ IX
3.Kuning Strip Hijau  8/ VIII
4.Hijau Polos  7/ VII
5.Hijau Strip Biru  6/ VI
6.Biru Polos  5/ V
7.Biru Strip Merah  4/ IV
8.Merah Polos  3/ III
9.Merah Strip I  2/ II
10.Merah Strip II (Hitam Polos)  1/ I



ARTI WARNA SABUK

  1. PutihLambang kepolosan atau ketidaktahuan. Lambang ini disandang Taekwondo-in baru
  2. Kuninglambang bumi. Sebagai tempat tanaman memasukkan akarnya, pada tingkat ini dasar-dasar teknik dan filosofi Taekwondo mulai ditanamkan
  3. Hijau :   lambang tanaman. Pada tahap ini diharapkan kemampuan para Taekwondo-in mulai berkembang
  4. Birulambang langit. Langit yang ada di atas merupakan arah tumbuh tanaman, pada tahap ini Taekwondo-in ini mulai di bentuk untuk lebih mapan dan tangguh
  5. Merahlambang api (bahaya),. Merupakan tahap untuk meningkatkan kontrol diri para Taekwondo-in ini sudah menguasai ilmunya dengan baik agar mampu menghadapi lawan
  6. Hitamlambang kedewasaan dan keahlian dari seorang Taekwondo-in, dapat juga berarti keberanian yang matang. Taekwondo-in yang sudah mencapai tahap ini bisa di anggap sebagai ahli Taekwondo.

  1. Baiklah sekarang kalian sudah tahu betapa pentingnya mengadakan dan mengikuti UKT tersebut, semoga bagi kalian yang mengikuti UKT dapat lebih matang dan berkembang lebih pesat di Taekwondo, dan bagi kalian yang belum pernah mengikuti UKT, sekarang sudah tahu kan maknanya, jadi tak perlu takut untuk mengikuti UKT. Tetap semangat untuk bisa dan jadilah JUARA bagi DIRI KALIAN DAN ORANG LAIN !!

Baiklah seka

4 komentar:

  1. mantap nih... dapat di pahami.Thank's Min

    BalasHapus
  2. Sabeum, mau Tanya nih. Kalo dojo di sekitar pasar minggu, jaksel ada ga ya?

    BalasHapus
  3. Sabeum, mau Tanya nih. Kalo dojo di sekitar pasar minggu, jaksel ada ga ya?

    BalasHapus